Di Sekolah ada Setan

By norma - 8/19/2010 10:32:00 PM

anak tetangga. sekolah di taman kanak2. suatu pagi bilang ke ibunya.
anak: "mamak, aku gak sekolah ya."
ibu: "lha kenapa to?"
anak: "soalnya di sekolah ada setan."
ibu: "setan? kok bisa tahu kalau ada setan disekolah?"
anak: :tadi malam aku mimpi di sekolah ada setan mak."
haha, ada-ada saja anak kecil ini.
iseng aku bertanya, "emang bentuk setannya seperti apa?"
anak: "memakai baju merah. kayak mbak Lia."
hey, yang benar saja. masa' setannya mirip saya. dasar anak-anak. kebetulan saat itu saya mengenakan kaos merah.

dan entah bagaimana percakapan selanjutnya, yang jelas sang ibu mengijinkan anak untuk tidak sekolah pagi itu.

saya tidak tahu apa pertimbangan ibu dalam hal ini. hanya saja saya heran, kenapa untuk alasan yang yang kurang esensial semacam ini, sang ibu mengijinkan. menurut saya, ini sama saja memberitahukan kepada anak bahwa tidak apa2 tidak masuk sekolah. dan bisa jadi hal semacam ini terulang dikemudian hari. bisa saja ketika sang anak sedang malas sekolah, sang anak mencari alasan lagi.

juga ketika pagi2 saya melihat ibu menyuapi anak sebelum berangkat ke taman kanak2. saat saya bertanya ke sang anak, kok gak puasa,, sang ibu yang menjawab. ya kasihan to mbak kalau anak kecil gak sarapan. di sekolah bisa kelaparan. menurutku, bukankah masa kecil seperti ini adalah saatnya pembelajaran untuk anak. ya kalau gak bisa puasa setengah hari dulu, puasa seperempat hari kek. yang penting anak sudah mencoba belajar. sekali lagi, ini hanya pendapat saya. diluar pengetahuan saya tentang berapa umur yang tepat untuk mulai mengajari anak kecil puasa.

9:43 PM 8/19/2010

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar