Transportasi di Taiwan

By norma - 10/07/2019 10:51:00 AM

Pada suatu hari, kami pernah “terdampar” di suatu tempat di Distrik Anping, Tainan. Ada sedikit kekeliruan dalam membaca rute bus, jadilah kami turun di tempat yang bukan tujuan kami. Sebagai orang asing, pastilah kami buta daerah tsb. Mau bertanya dengan penduduk lokal, perbedaan bahasa pasti akan sangat menyulitkan. Beruntung semua informasi transportasi publik bisa diakses dengan mudah. Jadilah kami tahu lokasi halte terdekat dan kami juga tahu harus naik bus nomor berapa untuk sampai ke lokasi yang kami tuju. 


Halte Bus Post Office, Wufeng, Taichung, Taiwan


Di Taiwan, semua informasi moda transportasi yang ada bisa kita lihat dalam satu aplikasi saja. Moda transportasinya mulai dari sepeda, shuttle bus, bus, sampai kereta api. Nama aplikasinya yaitu bus tracker taiwan. Kalau mau tahu moda transportasi di satu kota saja, misal kota Taichung, nama aplikasinya bus tracker Taichung.

Untuk sepeda, kita bisa mengetahui lokasi halte sepeda terdekat maupun jumlah sepeda di sebuah halte. Untuk shutle bus dan bus, kita bisa mengetahui lokasi halte terdekat, nomor bus sesuai tujuan kita, dan jadwal keberangkatan bus. Untuk kereta, kita bisa mengetahui jenis kereta dan jadwal kereta sesuai dengan stasiun yang kita tuju.

Karena semua informasi sudah tersedia, kita tidak perlu bingung lagi untuk tahu bagaimana caranya kita bisa pergi ke sebuah tempat. Kalau menurut saya, di Taiwan, transportasi umumnya bisa diandalkan. Kita bisa pergi ke tempat yang masuk kategori pedesaan dengan menggunakan transportasi publik. Yang pasti, tidak ada istilah "ngetem", dimana penumpang tidak diberi kejelasan mengenai waktu keberangkatan. Tidak bisa suka-suka supir sendiri, 😅

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar