Beasiswa Apa? Cara Mendapatkannya?

By norma - 9/18/2019 08:24:00 PM



Pak Fajar dapat beasiswa apa sih? Ini juga pertanyaan yang cukup sering ditanyakan ke saya.

LPDP? Bukan.

BUDI-LN? Tidak.

MOE/Beasiswa Pemerintah Taiwan? No.

Pak Fajar mendapat beasiswa dari kampus dimana Pak Fajar sekarang kuliah. LoA dan beasiswa itu didapatkan sewaktu mengikuti Bridging Programme yang diadakan oleh DIKTI. Jadi, semua peserta Bridging Programme di Asia University Taiwan mendapatkan LoA sekaligus beasiswa penuh (tuituion fee+biaya hidup). Alhamdulillah.

Fyi. Bridging Programme merupakan pelatihan bagi dosen muda bergelar S2 untuk mempersiapkan diri meraih gelar S3 di perguruan tinggi luar negeri. Melalui program ini, peserta dilatih dalam penulisan ilmiah, pemikiran kritis, dan kesempatan mencari promotor. Bridging Programme ini dilaksanakan di beberapa kampus di beberapa negara, diantaranya Inggris, Taiwan, Australia, dan New Zealand. Pak Fajar berkesempatan mengikuti program tsb di Asia University, Taiwan. Tidak semua peserta Bridging Programme di semua kampus dan negara langsung memperoleh LoA, apalagi beasiswa. Kalau mendapatkan LoA, apalagi sekaligus beasiswa, itu adalah bonus, 😊. Bridging programme ini diawali dengan pelatihan IELTS selama kurang lebih tiga bulan pada tahun sebelumnya.

Bagi teman-teman mahasiswa yang jika lulus S1 nanti mau melanjutkan S2 di Taiwan, beasiswa kampus ini bisa dijadikan sebagai alternatif lho, selain beasiswa dari pemerintah. Menurut saya, kuliah S2 itu beban kuliahnya tidak sebanyak S1, sedangkan beban risetnya tidak sebesar S3. Jadi selain kuliah, sepertinya waktunya masih bisa digunakan untuk jalan-jalan, 😁.

Kalau mau mendaftar Beasiswa Kampus Asia University Taiwan baik program sarjana, Master, dan PhD secara mandiri, bisa cek syarat dan ketentuannya di http://ciae.asia.edu.tw/scholarships/

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar