Tentang Buku dan Membaca

By norma - 6/03/2012 11:23:00 AM



Beberapa waktu yang lalu saya kepikiran, apa manfaat membaca sehingga saya menyukainya?

Pertama, bertambahnya wawasan. Dari tidak tahu sesuatu menjadi tahu. Lantas, kalau sudah tahu, mau digunakan untuk apa? Apalagi jika yang dibaca selama ini tidak ada sangkut pautnya dengan profesi. Kerjaannya teknik, yang dibaca sastra. Buat apa? Toh tidak menunjang di tempat kerja.

Agar pengetahuan meningkat. Kalau sudah meningkat, pebnaruhnya apa terhadap kehidupan sehari-hari? Kalau menjadikan diri kita tidak lebih baik dari sebelumnya, buat apa?

.:. Jadi yang terpenting adalah, bukan seberapa banyak buku yang kita baca, namun seberapa banyak amal baiknya.

Selama ini yang saya baca cenderung fiksi. Novel. Cerpen. Apa gunanya membaca novel? Apa bedanya dengan kita menonton drama korea?

Setidaknya novel atau sastra dapat menghaluskan budi. Bukankah sahabat pernah mengatakan, bahwa ajarilah anakmu syair, karena akan melembutkan jiwa?

Kedua, membaca buku dapat memperluas cakrawala berpikir dan melembutkan jiwa. Kalau cakrawala berfikir sudah luas, selanjutnya apa? Hanya sebatas pada diri sendiri saja? Jika orang lain disekiar kita tidak terpengaruh menjadi lebih tahu, untuk apa? Jika pengetahuan itu mandheg pada diri sendiri, kok kesannya gimana gitu ya  jadi seperti tidak bermanfaat. Seperti air tergenang, tidak mengalir. Lama-lama airnya akan keruh dan kotor.

.:. Jadi, membaca saja tidak cukup. Harus share tentang yang dibaca juga. (Tapi kenapa aku males banget untuk membagi yaa.. takut orang bisa membaca pikiranku lah, sehingga orang lain bisa menebak siapa diriku. Takut dibilang sok baiklah.. ckckck. Tetep aja alasan itu tidak dapat diterima. Bismillah, niat baik berbagi)

Dan hari ini saya membaca artikel di blog milik Felix Siauw yang membahas tentang membaca. Mungkin inilah jawaban dari pertanyaan, kenapa saya membaca.

Tidak semua orang yang membaca buku akan menjadi besar, tetapi semua orang besar rajin membaca buku.

Dan hari ini saya tidak tahan untuk tidak membeli buku. Sampai diledekin temen, "Katanya gak punya uang, tapi pulang-pulang nenteng tiga buku.."  :) .Satu diantara bukunya membahas tentang buku. Yang membuatku tertarik untuk membelinya karena dikatakan bahwa buku itu diperuntukkan bagi orang yang berkecimpung di dunia perbukuan, dari CEO publishing, distributor buku, sampai penulis. Saya merasa buku itu untukku, karena saya suka dunia perbukuan, dan ingin memulai usaha menjadi agen atau distributor buku. ;-)


Akhir hari ditanggal 1 Juni 2012

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar