Kugy & Keenan

By norma - 10/02/2011 08:53:00 AM


Judul: Perahu Kertas
Penulis: Dewi Lestari

Keyakinan kugy dan keenan dalam mempertahankan apa yang mereka mau, atau impiannya, membuat saya terinspirasi. Bahwa jika kalian menginginkan suatu hal, pertahankanlah dan berjuanglah sekuat-kuatnya. Cerita ini membuat saya membayangkan, bagaimana jika seseorang merubah impiannya sejenak setelah kesulitan menghampiri? Apakah beralih impian menjadi solusi? Sepertinya tidak..

Kugy. Bercita-cita menjadi penulis dongeng. Meskipun sulit, karena hari gini,,, nulis dongeng, gitu kan.. Tapi dia tetap dengan keinginannya, dengan idealismenya, ditengah ketidakmungkinan. Keinginan Kugy diperjuangkan, bukan hanya diangankan. Dan kugy menyadari, bahwa mungkin dia harus berputar arah dulu dalam mencapai tujuan.

Keenan. Idealismenya tidak sesuai dengan kenyataan. Harapannya untuk menjadi seorang pelukis professional bertentangan dengan keinginan ayahnya. Namun keenan tetap dengan pendirian, ditengah ketidakmungkinan. Sangat sulit dalam menggapai mimpi, tapi keenan terus maju, terus berupaya.

Dan pada akhirnya, mimpi-mimpi mereka terwujud. Jika mereka menyerah sejak awal, apa jadinya..

Membuat saya tersadar, bahwa memang tidak ada yang mudah di dunia ini. Semua membutuhkan perjuangan. Apalagi dalam merealisasikan harapan. Tidak ada yang tidak mungkin, jika ada kemauan, pasti ada jalan.

Perahu Kertas merupakan karya Dewi Lestari yang sedikit berbeda dengan karyanya yang lain. Jika biasanya Dee menggunakan bahasa yang cukup membuat orang mikir, pada novel ini bahasanya mudah dipahami. Dibingkai dalam bahasa yang mengalir, karakter kuat tiap tokoh, serta jalinan cerita yang tidak membosankan, menjadikan Perahu Kertas sebagai novel ringan berbobot.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar