"Pasukan kecil"-ku

By norma - 3/20/2011 11:36:00 PM

Dibenak mereka penuh dengan imajinasi. keingintahuan mereka sangat tinggi. seringnya, dibacain cerita baru satu kalimat, sudah diberondong bertubi-tubi pertanyaan. pertanyaan kejutan yang gak nyangka bisa keluar dari mulut mereka. mengandung kecerdasan. kadang kelimpungan menjawab. saking kelimpungannya kadang terlontar kata "pokoknya". kata yang sebisa mungkin dihindari. karena kata tersebut bisa meredam semangat anak untuk mengetahui banyak hal. ada yang bilang, "Jawablah pertanyaan anak kecil, sebagaimana kita menjawab pada orang dewasa karena mereka punya kecerdasannya sendiri". saya setuju dengan pernyataan tersebut. ketika bermain dengan pasukan kecilku, saya merasakannya. bahwa anak-anak begitu cerdas, kreatif, dan banyak akal.

anak-anak, membutuhkan tempat bermain. alhamdulillah, pasukan kecilku tidak kekurangan tempat bermain. banyak lapangan, banyak lahan bermain. senang melihat mereka tertawa riang setiap hari. kalaupun ada tangisan itu hanya sekejab dan bisa langsung berganti dengan tawa.

sayangnya, orang tua, sering menghentikan proses kreatif anak-anak. pasukan kecilku sendiri sering dilarang inilah, itulah, karena berisik, mengganggu tidur, kotor, merusak, dan sederetan kekhawatiran lain. bermain disawahpun kalau bukan saya yang ngajak, orang tua mereka pasti sudah melarang dengan berbagai cara. ada juga yang dimarahi mungkin.

meskipun begitu, saya yakin, pasukan kecilku akan tumbuh dengan keunikan masing-masing dan mempunyai kontribusi bagi perbaikan bangsa.

berharap anak-anak Indonesia mempunyai karakter dan berbudi luhur dengan segala kecerdasannya.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar