UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI? SIAP!!

By norma - 7/10/2010 08:50:00 PM


Menjadi mahasiswa di perguruan tinggi favorit merupakan dambaan hampir setiap pelajar, dan mungkin juga menjadi harapanmu sekarang. Untuk mencapainya, para pelajar banyak yang telah mempersiapkan diri sedini mungkin. Meskipun, ada juga yang baru mempersiapkannya karena baru menyadari bahwa memasuki perguruan tinggi harus bisa mengalahkan beribu-ribu pesaing dan hal itu tidak mudah. Nah, jika tahun ini kamu akan menempuh ujian tersebut, bagaimana dengan persiapanmu? Ini ada sedikit saran yang bisa kamu jadikan salah satu referensi dalam mempersiapkan diri. Menurut saya, persiapan menghadapi tes masuk perguruan tinggi sendiri sebaiknya dari berbagai sisi, mulai dari sisi intelektual, psikologis, dan spiritual.

Dari segi intelektual jelas, karena memang kamu akan diuji kemampuan akademis. Sampai sejauh mana kamu mengetahui, mendalami dan menguasai materi-materi sekolah. Materi yang biasa diujikan yaitu materi dasar seperti Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Serta materi yang sesuai dengan jurusan yang kmu pilih, IPA atau IPS. Ada juga Tes Potensi Akademik (TPA). Dalam meningkatkan kemampuan akademis, banyak cara yang bisa kamu lakukan. Seperti belajar sungguh-sungguh ketika sekolah sehingga sebelum ujian kita tinggal review materi, bergabung di lembaga bimbingan belajar, atau banyak latihan soal karena biasanya soal yang keluar ada yang berasal dari soal tahun lalu.

Cara belajar tiap orang berbeda-beda. Ada yang suka dengan menuliskan kembali bacaan agar selalu ingat, dengan membaca keras-keras, membuat ringkasan dari banyaknya materi kemudian mengulang-ulang membaca ringkasan tersebut, membuat catatan kecil berisi rumus-rumus penting agar dimanapun dan kapanpun kamu bisa belajar, membuat tulisan dengan huruf besar ditempel didinding kamar tentang apa yang kita pelajari, sampai mengerjakan banyak soal hitungan. Dan akan lebih baik kalau kamu banyak mengerjakan latihan soal. Dengan begitu, selain kamu terbiasa menghadapi soal ujian, kamu juga bisa mengenali tipe soal seperti apa yang biasa muncul, untuk kemudian kamu pelajari lebih dalam. Biasanya tiap bab atau modul matapelajaran keluar minimal satu soal. Jadi usahakan juga kamu mempelajari semua materi yang ada. Jangan pernah berpikir, ”Materi ini tidak perlu dipelajari, nggak mungkin keluar”. Karena, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita hadapi. Kalau memang materi itu tidak keluar di ujian, tidak masalah. Tapi jika materi tersebut keluar, setidaknya kamu sudah mengantisipasinya.

Sikap mental kamu sebelum dan saat ujian berpengaruh juga terhadap pengerjaan soal. Ini berarti dari sisi psikologis perlu kamu perhatikan juga. Seperti kata pepatah, aku adalah apa yang aku pikirkan. Jadi jika kamu menginginkan kesuksesan dan keberhasilan, maka kamu juga harus berpikir positif, optimis bahwa kamu bisa menyelesaikan soal dengan baik. Percaya diri pada kemampuan sendiri, agar tidak bergantung pada teman, tidak berharap datangnya kunci jawaban, tidak mempersiapkan coretan rumus dan hafalan di saku atau kotak pensil, tidak membawa kertas kosong untuk diisi teman terpintar dikelas, tidak membeli bocoran soal, dst. Jangan juga menjadikan ujian sebagai beban. Nikmati saja, anggap sebagai quiz atau games yang harus kamu pecahkan dalam permainan komputer. Biar kamu tenang, nyaman, tidak gugup sehingga otakpun bisa bekerja lebih optimal, ingatan jug lebih kuat.

Sekuat apapun usaha yang kita lakukan, tidak akan berhasil manakala Tuhan belum mengijinkan. Karena semua hasil Tuhan yang menentukan. Kita sebagai manusia hanya berkewajiban untuk berusaha, berikhtiar. Tugas kita yang lain yaitu mohon kepada Tuhan agar Tuhan berkenan memberi hasil yang kita harapkan. Dalam persiapan ujian masuk perguruan tunggi juga, persiapan yang tidak kalah penting untuk kamu siapkan yaitu berdoa sebanyak-banyaknya, berdoa sekhusyuk-khusyuknya kepada Tuhan Yang Maha Esa, Maha Kuasa atas segala sesuatu. Banyak kisah tentang keajaiban doa. Banyak cerita doa yang menjadi nyata. Maka percayalah, bahwa Tuhan akan mengabulkan permohonan kita.

Setelah kamu mengetahui hasilnya, apapun itu, tetap syukuri karena itulah yang terbaik untukmu. Serta jangan mudah puas, jangan pernah menyerah, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih hebat lagi. Selamat berjuang teman.

sumber gambar disini

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar