Nikmat Tuhan mu yang manakah yang kamu dustakan?

By norma - 5/19/2010 10:05:00 PM

Badan sehat, tidak cacat, mata bisa melihat dan membaca, mulut bisa berbicara_tidak ada kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain, telinga bisa mendengar, tangan utuh bisa menulis dan memegang, kaki utuh bisa bergerak dengan bebas, tidak hanya bisa tidur seperti dialami oleh salah satu warga bandung.

Dia mengalami kelumpuhan sejak kecil. Kakinya tidak berfungsi, dia tidak bisa berjalan. Pinggulnya tidak cukup kuat menopang badan, karena itu dia tidak juga bisa duduk. Ya, dia hanya bisa telentang. Melihatnya saja aku bisa merasakan kesulitan, kebosanan, kelelahan, dan kesakitan. Bagaimana dia bisa bertahan? Pasti dia kesulitan untuk berpindah tempat, untuk mengambil sesuatu, dan melakukan aktifitas yang selayaknya dikerjakan manusia lain. Oh, bukan, bukan kesulitan lagi. Tapi dia memang tidak akan bisa untuk beraktifitas. Bosan, tidak bisa bertualang dan berkelana bisa jadi selalu dirasa. Tapi apa mau dikata, mungkin itulah pikirnya. Membandingkan dengan diriku, seharian dikamar atau dirumah saja aku sudah teriak ‘bosen’. Bagaimana dia bisa meredam rasa bosannya, selama bertahun hidupnya hanya dihabiskan di rumah. Mending kalau rumahnya bagus, nyaman, ada televisi, ada internet, ada buku, ada film...

Lelah, capek, pegel, kemungkinan besar dia rasa. Ketika aku tidur dalam durasi waktu yang terlalu lama ketika sakit saja rasanya punggung pegel, capek. Sebagai manusia normal kurang gerak bisa menyebabkan pusing, ataupun merasa lelah. Bagaimana dia bisa melewati hari-hari tanpa gerak? Dan bagaimana juga dia bisa menahan rasa sakit lumpuh tersebut? Dan aku tidak berani menanyakan hal lebih banyak lagi, mengenai perlakuan keluarga disekelilingnya, keadaan ekonomi keluarga tersebut, karena ternyata ada lebih dari satu orang yang mengalami penyakit sama. Karena pertanyaanku sudah cukup bisa membuka mata hatiku untuk lebih bersyukur pada-Nya, meskipun mungkin hanya dia dan Allah yang bisa menjawab semua pertanyaan ‘bagaimana’ yang aku ajukan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar