Jika Sudah Merasa Terlanjur Salah Langkah

By norma - 9/02/2012 01:39:00 PM


Apa yang harus dilakukan ketika mendapati diri begitu bodoh, tergesa, dan penakut? Memaafkan terberat adalah memaafkan diri sendiri. Kenapa juga sering merasa bersalah sekali alih-alih memberi banyak kesempatan untuk memberi pemakluman maupun mempersilahkan diri menikmati apa yang diingini.

Bisa jadi sebagian besar rasa bersalah berasal dari ketidaksungguhan dalam melaksanakan sesuatu ataupun banyak kesia-siaan dalam hidup. Akan berbeda halnya jika setiap saat sudah melakukan yang terbaik sesuai kemampuan. Kalaupun hasilnya kurang sesuai kemauan, ya apa boleh buat. Yang penting sudah berusaha seoptimal mungkin. Nah kalau tidak pernah berusaha? Bisa jadi penyesalan utama bukan karena hasil akhirnya, tetapi karena tidak pernah berproses itu sendiri!

Lah, memang salah kok. Kembali ke pertanyaan awal. Jika sudah melakukan kesalahan: bertindak bodoh, tergesa, penakut, dan tidak jujur terhadap diri sendiri. Bisa dimaafkan gak? Lantas apa yang harus dilakukan?

Pilihan hanya ada dua. Memaafkan dan tidak. Dan mengapa harus tidak memaafkan? Memangnya dengan tidak memaafkan yang sudah terjadi bisa berubah kembali? Dan apakah hidup menjadi lebih baik?

Ya. Sekarang, lapangkan dada, damaikan hati, tenangkan jiwa. Ikhlaskan semuanya. Percaya
:Semua yang terjadi atas diri ada campur tanganNya.

Ket: Catatan ini lebih ditujukan untuk diri saya sendiri.

09/01/12 23:16

sumber gambar 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar