May Day 2012

By norma - 5/02/2012 01:59:00 PM

Aku pikir tidak ada yang salah. 

Wajar kalau sebagai pemilik usaha, kita menginginkan upah untuk pekerja yang sesuai dengan kinerja. Kalau sehari pekerjaannya hanya itu-itu saja, ya maklum kalau upahnya segitu. Mana mau, kalau kita sebagai pemilik usaha, membayar upah pekerja yang tidak sebanding dengan kemampuan.

Wajar, kalau sebagai pekerja, kita menginginkan upah setinggi-tingginya. Dan merasa pekerjaan yang diemban adalah hal yang paling penting.

Aku pikir semua salah.

Kadang memang ada pemilik usaha yang keterlaluan. Membiarkan pekerja dalam upah yang tidak setimpal. Tidak perduli dengan kesejahteraan keluarga pekerja, termasuk membiarkan kondisi kesehatan mereka.

Namun pekerja juga bisa keterlaluan. Ketika hanya menuntut kenaikan upah tanpa meningkatkan kinerja. 

Akan damai sepertinya, jika pemilik usaha memberi upah secara adil sesuai kemampuan kerja, syukur-syukur jika tidak segan-segan memberi reward, ataupun menghargai dalam bentuk apapun.

Dan juga jika, pekerja selalu meningkatkan ketrampilan kerja. Tidak melulu hanya sesuai jobdesk yang ada. 

Dan PR pertama saya, bagaimana saya bisa menyesuaikan ketrampilan dengan yang diinginkan pengusaha sehingga berhak mendapatkan upah layak. Kedua, baimana saya bisa menjadi pengusaha itu sendiri. Aamiin ya Allah......


Semarang, 1 Mei 2012 23:36

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar